cara beli saham luar negara

Ingin Tahu Cara Beli Saham Luar Negara? Ikuti 3 Cara Ini, Gampang Banget!

Bagaimana ya cara beli saham luar negara? Contohnya Alibaba, Amazon, Apple, dan Google. Ternyata, jawabannya bisa, lho! Bahkan, sebenarnya caranya tidaklah sulit, mengingat perkembangan teknologi saat ini.

Penasaran ingin tahu caranya membeli saham luar negeri? Kalau iya, yuk simak rangkuman penjelasannya berikut ini. Selamat membaca!

3 Cara Membeli Saham Luar Negeri

Buka rekening saham.

Serupa dengan cara membeli saham di dalam negeri, Anda juga perlu membuka rekening saham terlebih dahulu dengan cara mendaftarkan diri dan membuat akun baru. Kemudian, Anda perlu mendepositkan sejumlah dana tertentu, yang besarnya biasanya bisa Anda tentukan sesuai budget.

Di mana Anda bisa membuka rekening saham? Tentu saja Anda bisa melakukannya lewat pialang atau broker saham dari perusahaan sekuritas. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, perusahaan sekuritas merupakan perusahaan yang bekerja sebagai perantara bagi orang-orang yang mau berinvestasi di pasar saham, online ataupun offline.

Pada tahap pembukaan rekening saham, Anda perlu mengisi formulir pendaftaran dan menyertakan beberapa dokumen pendamping sesuai yang sudah disyaratkan oleh perusahaan sekuritas. Beberapa perusahaan sekuritas luar negeri dengan broker yang melayani pembukaan rekening, misalnya Interactive Broker (IBKR) dan Tastyworks.

Nah, bisa Anda simpulkan kalau langkah pertama dalam cara beli saham luar negara ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan cara membeli saham di dalam negeri, kan?

cara beli saham luar negara

Deposit dana ke dalam rekening saham.

Kalau Anda sudah berhasil membuat dan membuka rekening saham baru, Anda akan mendapatkan username dan password, PIN, serta nomor rekening saham Anda. Setelah itu, Anda bisa deposit sejumlah dana tertentu sesuai dengan budget. Besar dana yang didepositkan ke dalam rekening saham tentunya ada jumlah minimal yang sudah ditentukan oleh perusahaan sekuritas. Nantinya, dana yang Anda depositkan ke rekening saham dapat digunakan saat Anda akan membeli saham.

Bagaimana caranya Anda bisa deposit dana ke dalam rekening saham? Anda bisa melakukannya dengan cara mentransfer dana tersebut melalui bank yang bekerjasama dan menjadi partner perusahaan sekuritas. Kalau dibandingkan dengan ketika membeli saham di dalam negeri, pilihan banknya tentu tidak sama banyaknya. Di samping itu, Anda juga perlu memperhatikan perbedaan zona waktu, yang bisa memengaruhi kapan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan agar deposit masuk ke dalam rekening saham Anda.

Menggunakan aplikasi online trading.

Setelah kedua langkah di atas sudah sukses Anda lakukan dan Anda telah memiliki dana di dalam rekening saham, langkah berikutnya adalah membeli saham sesuai keinginan Anda maupun berdasarkan rekomendasi broker. Untuk membeli saham luar negeri, Anda bisa menggunakan software atau aplikasi online trading milik perusahaan sekuritas yang telah Anda pilih. Biasanya, perusahaan sekuritas menyediakan software online trading untuk versi desktop (PC atau laptop) maupun untuk versi smartphone. Pilihlah yang Anda rasa paling cocok untuk kemudahan membeli saham.

Adanya software online trading ini tentu untuk mempermudah Anda dalam membeli saham luar negeri, memantau pergerakan harga saham, mengecek sisa saldo di rekening Anda, melihat rekomendasi saham, hingga membeli saham hanya dalam satu klik saja.

Pada dasarnya, cara beli saham luar negara maupun dalam negeri tidak jauh berbeda. Akan tetapi, tentu tetap saja ada beberapa perbedaan yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah perbedaan jumlah minimal saham yang bisa dibeli – di BEI, Anda diwajibkan untuk membeli minimal 1 lot (100 lembar) saham. Semantara itu, di luar negeri punya peraturan yang berbeda. Sebagai contoh, bursa saham di US tidak menentukan jumlah minimal sehingga Anda bahkan bisa beli 1 lembar saham sekalipun.