4 Keuntungan Membeli Saham Luar Negara, Apa Saja?

Apakah Anda sedang mempertimbangkan keputusan untuk membeli saham luar negara? Kalau iya, artikel ini bisa jadi pertimbangan lebih untuk membantu Anda membuat keputusan. Karena di sini, Anda bisa temukan beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan dengan membeli saham luar negeri. Apa saja, ya?

Tanpa buang-buang waktu lagi, yuk simak ulasan di bawah ini untuk mencari tahu apa saja keuntungan yang dapat Anda rasakan ketika Anda membeli saham luar negeri. Selamat membaca!

Keuntungan Beli Saham Luar Negeri

Punya potensi besar yang bisa Anda manfaatkan.

Ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi dengan membeli saham luar negeri, salah satu keuntungan yang bisa Anda rasakan adalah potensi untung besar yang dapat Anda peroleh. Soalnya, tentu Anda jadi bisa membeli saham milik perusahaan internasional yang mendunia, kan? Contohnya Johnson & Johnson, McDonald’s, Nike, dan Starbucks.

Artinya, jika Anda membeli saham luar negara, artinya Anda bisa jadi pemilik perusahaan internasional. Tentu saja hal ini bisa jadi pemanis portofolio investasi Anda juga.

saham luar negara

Kesempatan untuk diversifikasi portofolio di pasar global.

Sebenarnya, membeli saham luar negeri juga merupakan kesempatan emas untuk menambah portofolio investasi Anda, lho! Apalagi, Anda bahkan juga bisa melakukan diversifikasi portofolio yang merambah hingga pasar global.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa memilih saham dengan lebih leluasa berdasarkan kondisi pasar, yang juga dipengaruhi oleh kondisi ekonomi, politik, hingga sosial dunia. Sebagai contoh, Anda bisa memilih untuk membeli saham di negara yang paling cepat pulih dari pandemi, atau negara yang sukses memproduksi vaksin COVID-19. Hal ini tentu tidak bisa Anda lakukan jika portofolio Anda mentok di bursa lokal saja, kan?

Pilihan produk jauh lebih banyak dan beragam.

Pada bursa saham luar negeri, Anda bisa menemukan pilihan produk investasi yang jauh lebih banyak dan beragam. Di samping saham, masih ada obligasi, indeks, ETF, hingga produk instrumen investasi derivatif, misalnya opsi (option). Tapi, mengapa variasi ini menguntungkan Anda?

Soalnya, pilihan produk instrumen investasi yang lebih beragam juga memberikan opsi yang lebih banyak untuk Anda. Dengan begitu, Anda jadi bisa pilih instrumen investasi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan maupun selera Anda. Di samping itu, hal ini juga bisa jadi kesempatan besar untuk diversifikasi secara optimal karena artinya portofolio Anda bisa mencakup beragam jenis instrumen investasi.

Tidak ada jumlah minimal pembelian saham (NYSE). 

Seperti yang sudah Anda ketahui, Bursa Efek Indonesia (BEI) menetapkan ketentuan jumlah minimal pembelian saham sebanyak 1 lot, atau 100 lembar saham. Kemudian, transaksi jual-beli saham di BEI pun dilakukan dengan satuan lot.

Di luar negeri, aturan ini bervariasi bergantung pada otoritas dan regulatornya. Kalau di New York Stock Exchange (NYSE atau NASDAQ) alias bursa saham Amerika Serikat, Anda bahkan bisa membeli saham sebanyak 1 lembar saham, lho!

Kebijakan ini rasanya wajar, mengingat bahwa banyak perusahaan global yang listing di NASDAQ dengan harga per lembar saham yang selangit. Contohnya Google, yang harga sahamnya bisa mencapai $1000 (di atas Rp 10 juta) hanya untuk per lembarnya.

Menariknya, Anda juga bisa membeli saham dengan memanfaatkan fasilitas “in fraction”, alias hanya “secuil” atau “sebagian” saja. Sebagai contoh, Anda bisa membeli saham Google meskipun dengan dana sebesar $50 saja.

Itu dia rangkuman singkat keuntungan membeli saham luar negara. Bagaimana, apakah Anda jadi makin tertarik melakukannya?

 

Simak informasi lainnya berikut ini: Ingin Tahu Cara Beli Saham Luar Negara? Ikuti 3 Cara Ini, Gampang Banget!