cara mahar saham

5 Cara Mahar Saham agar Hasilnya Cuan

Bagaimana ya cara mahar saham agar menguntungkan dan bermanfaat? Pertanyaan ini mungkin yang sedang banyak Anda pikirkan, terutama ketika Anda sudah berniat untuk memilih saham sebagai mahar pernikahan.

Meskipun selama ini mahar biasanya diberikan dalam bentuk logam mulia atau bahkan uang tunai, memilih saham sebenarnya bukan pilihan yang salah. Pasalnya, saham juga sama-sama memiliki nilai moneter dan bahkan bisa jadi investasi bagi keluarga Anda nantinya.

Kalau begitu, bagaimana ya cara mahar saham yang menguntungkan? Untuk info lebih lengkapnya, yuk simak tips memilih saham sebagai mahar berikut ini agar Anda tidak salah pilih!

Tips Memilih Saham untuk Mahar Pernikahan

Cermati performa perusahaan.

Apapun tujuan Anda membeli saham – termasuk sebagai mahar pernikahan – Anda wajib memantau performa perusahaan yang sahamnya akan Anda beli. Tujuannya jelas: untuk membantu Anda memilih saham dari perusahaan yang performanya baik dan menguntungkan.

Untuk mendapatkan info yang lengkap dan andal, cek langsung di website Bursa Efek Indonesia (BEI atau IDX), yang merupakan satu-satunya bursa investasi resmi di Indonesia. Di sini, Anda bisa temukan daftar lengkap perusahaan yang sahamnya sudah terdaftar secara resmi di BEI.

Saham LQ45 lebih direkomendasikan.

Saham LQ45 merupakan klasifikasi saham dari perusahaan-perusahaan yang performanya dinilai paling menguntungkan. Untuk masuk ke dalam daftar ini, saham perusahaan harus:

  • Merupakan saham perusahaan paling aktif di Indonesia.
  • Paling banyak diminati para investor BEI.
  • Mempunyai tingkat likuidasi serta nilai kapitalisasi pasar tinggi.
  • Menjadi patokan fluktuasi harga saham yang terdaftar di BEI.

Daftar perusahaan yang sahamnya masuk LQ45 bisa berbeda-beda di setiap periode. Untuk daftar lengkapnya, kamu bisa cek langsung di website resmi BEI.

cara mahar saham

Saham blue chip juga bisa jadi pilihan andalan.

Selain saham LQ45, Anda juga bisa pertimbangkan saham blue chip sebagai pilihan untuk mahar pernikahan. Beda dengan saham LQ45, saham blue chip tidak memiliki daftar resminya. Tapi, biasanya saham yang masuk dalam kategori ini dinilai oleh para pakar dan pengamat berdasarkan berbagai pertimbangan.

Apabila Anda merupakan investor pemula dan ingin main aman, saham blue chip bisa jadi pilihan yang andal. Soalnya, saham blue chip terpantau tidak mengalami volatilitas yang signifikan, sehingga cocok buat Anda yang ingin main aman. Performanya juga konsisten dari tahun ke tahun, sehingga bagus untuk investasi jangka panjang, misal untuk biaya kuliah anak.

Sesuaikan dengan budget.

Anda tentu ingin menyenangkan hati istri dan keluarga dengan memberikan mahar yang “wah”. Akan tetapi, Anda juga perlu memperhatikan budget Anda juga, termasuk saat memilih saham sebagai mahar.

Hindari membeli saham dengan cara berhutang, apalagi mengingat bahwa saham pada dasarnya adalah instrumen investasi dengan risiko tinggi. Selain itu, sebaiknya Anda beli saham dengan lot yang kecil dulu, apalagi jika Anda investor pemula. Baru kemudian Anda bisa tambah lot apabila harganya terus mengalami peningkatan.

Terus pantau saham setelah menikah.

Begitu Anda dan pasangan sudah resmi menjadi suamiistri, dan mahar sudah diserahkan kepada istri, bukan berarti Anda bisa membiarkan saham tersebut begitu saja dengan anggapan bahwa performa dan nilainya akan terus naik. Setelah mahar diserahkan, terus pantau performa saham yang telah dibeli secara berkala. Tujuannya adalah untuk menghindari kerugian apabila ternyata harga saham mengalami penurunan.

Memang benar bahwa saham saat ini tengah jadi pilihan populer untuk mahar pernikahan. Tapi, Anda juga perlu cermat dalam memilih dan tak hanya ikut-ikutan tren saja. Semoga ulasan mengenai tips dan cara mahar saham di atas bisa bermanfaat, ya!

 

Simak informasi lainnya berikut ini: 4 Keuntungan Membeli Saham Luar Negara, Apa Saja?