4 Tips Memilih App Saham Online Resmi, Bikin Investasi Segampang Chatting

Apakah Anda sedang tertarik mencoba app saham online? Kehadiran aplikasi saham online memang tak perlu dipungkiri lagi mampu mempermudah Anda dalam berinvestasi. Dengan begitu, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas jual-beli saham hanya dari HP dan semudah chatting dengan teman.

Sebagaimana halnya dengan berbagai aplikasi pada umumnya, aplikasi saham online juga menawarkan dengan beragam fitur dan memiliki banyak fungsi. Mulai dari daftar akun, cek setoran deposit, hingga analisis fundamental hingga teknikal, semuanya sekarang bisa dilakukan langsung dari app saham online.

Meski begitu, tentu Anda perlu memilih aplikasi saham online yang benar-benar bagus dan memuaskan, kan? Oleh karena itu, simak 4 tips berikut ini untuk membantu Anda memilih aplikasi saham online yang tak hanya bisa buat investasi semudah chatting, tapi juga tetap aman dan menguntungkan.

Pilih Aplikasi Saham Online dari Perusahaan Sekuritas Resmi

Aplikasi saham online dibuat oleh perusahaan sekuritas untuk membantu para nasabah dalam mengakses berbagai layanan mereka dengan lebih cepat dan mudah. Oleh karena itu, jika perusahaan sekuritasnya resmi, tentu Anda bisa coret satu kekhawatiran di dalam pikiran Anda yang berkaitan dengan status legalitas aplikasi tersebut.

Bagaimana Anda bisa tahu kalau sebuah perusahaan sekuritas resmi atau tidak? Caranya gampang, cukup cari infonya dalam daftar perusahaan sekuritas resmi yang dirilis oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pilih Perusahaan Sekuritas dengan Reputasi Baik

Tentu saja, daftar perusahaan sekuritas resmi di OJK tak hanya terdiri atas 1 atau 2 perusahaan saja, tapi banyak. Untuk membantu Anda memilih, Anda bisa persempit pilihan dengan mencari informasi lebih jauh, misalnya lewat internet atau bertanya langsung ke orang di sekitar.

Selain resmi, pilihlah perusahaan sekuritas yang reputasinya baik. Dengan begitu, Anda sudah mendapatkan jaminan lagi bahwa perusahaan sekuritas yang akan Anda pilih nanti memang terpercaya dan andal. Salah satu cara termudah adalah dengan mengetikkan kata kunci seperti “kasus perusahaan sekuritas” atau “kasus saham” di mesin pencari seperti Google, kemudian baca informasi mengenai perusahaan sekuritas bermasalah agar Anda tahu apa saja yang perlu Anda hindari.

app saham online

Keamanan dan Kemudahan Menggunakan Aplikasi

Setelah Anda memilih perusahaan sekuritas yang resmi, terpercaya, dan punya reputasi baik, sekarang saatnya Anda mengulik aplikasinya. Selain memastikan bahwa aplikasinya mudah digunakan dan punya interface yang nyaman, Anda juga perlu memastikan keamanan aplikasi.

Mengapa? Karena semua informasi, aktivitas, dan data yang ada di dalam aplikasi Anda tentu bersifat sensitif. Kalau ternyata aplikasi tersebut sering bermasalah, banyak bug-nya, atau bahkan punya celah keamanan yang longgar, tentu Anda sendiri yang akan dirugikan, kan? Salah-salah, Anda malah jadi tidak bisa membuat keputusan investasi yang solid karena ternyata aplikasi bermasalah, data yang ditampilkan tidak update, atau bahkan mengalami kerugian finansial karena aplikasi Anda kena bajak peretas.

Besaran Setoran Awal dan Biaya Transaksi

Salah satu fitur yang terdapat di dalam aplikasi saham online adalah daftar langsung lewat aplikasi. Tentu saja fitur ini bisa mempermudah dan mempercepat proses pembukaan rekening saham Anda. Dan setelah rekening saham sudah jadi, Anda perlu menyetor dana dengan jumlah tertentu ke dalam rekening, yang nantinya akan Anda gunakan saat beli saham.

Di samping setoran awal, ada juga biaya transaksi yang perlu Anda perhatikan. Sama seperti setoran awal, besarnya biaya transaksi ini beragam berdasarkan kebijakan masing-masing perusahaan sekuritas. Setelah Anda pilih perusahaan sekuritas yang legal, terpercaya, dan punya aplikasi yang oke, Anda bisa lanjutkan proses seleksi dengan memilih yang biaya transaksinya enteng.

Itu dia 4 tips memilih app saham online yang resmi, aman, dan pastinya cuan.

 

Simak informasi lainnya berikut ini: 5 Cara Mahar Saham agar Hasilnya Cuan