Ini Dia Cara Pembelian Saham IPO Secara Online untuk Investor Pemula

Tanpa sadar, ternyata tahun 2022 akan semakin dekat, lalu, bagaimana resolusi keuangan Anda di tahun 2022? Berinvestasi menjadi jalan utama untuk Anda yang ingin merealisasikan keuangan Anda dengan matang. Anda dapat melakukan investasi mulai sekarang untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya jelas tidak ada kata terlambat untuk berinvestasi, justru ini menjadi awal yang tepat. Anda bisa mencoba berinvestasi melalui saham. Kini tersedia dengan mudah saat Anda membeli saham melalui pembelian saham IPO yang menawarkan pembelian saham perdana atau initial public offering secara elektronik melalui platform digital e-IPO.

Tentu, investor pemula akan mudah dalam membeli saham IPO. Anda akan merasa tertarik sebab keuntungan yang didapat cukup menguntungkan dan harga IPO yang belum stabil. Namun, Anda perlu sekali untuk mempelajari bagaimana mengelola laporan keuangan dan mengenali kondisi fundamental yang berasal dari calon emiten. Terlebih sistem ini sebenarnya sudah dikenalkan dari tahun lalu oleh pihak bursa. Tertarik bukan? Lalu bagaimana pembelian saham IPO secara online? Dalam hal ini pembelian saham IPO dapat dilakukan dengan cara mengakses laman e-ipo.co.id. Yuk cermati langsung bagaimana pembelian saham IPO.

Cara Beli Saham IPO

Dimulai dari Registrasi e-IPO secara online

Anda dapat melakukan registrasi terlebih dahulu dengan memasukkan alamat email Anda. Lalu, mengisi bagian tipe investor yang tersedia dengan memilih individu ataupun institusi. Anda dapat mengisi data investor yang sesuai dengan sebenar-benarnya.Selanjutnya simpan data yang telah diisi dan Anda dapat melanjutkan dengan autentikasi melalui email yang telah anda daftarkan sebelumnya.Kemudian, masukkan OTP setelah mengklik tautan pada autentifikasi di email.

Setelah itu, pembelian saham IPO untuk pemula dapat dilanjutkan dengan membuat dan mengisi password. Kemudian Anda dapat mengklik +Broker untuk menambah broker. Ketika Anda sudah memiliki rekening maupun belum, dapat memilih broker yang akan dituju. Bagi yang sudah maupun belum memiliki dapat mengklik registrasi Single Investor Identification (SID) dan Sub Rekening Efek (SRE). Namun untuk Anda yang mempunyai SRE/SID dapat membuka rekening dari broker yang dutuju.

pembelian saham ipo

Proses dalam menyampaikan rencana order di e-IPO

Anda dapat memulai dengan memilih saham IPO yang akan dipesan. Kemudian memilih opsi more info. Selanjutnya pada tahap ini, Anda perlu memastikan terlebih dahulu keuangan yang akan perlukan untuk PDN. Anda dapat memilih Place Order dan pada bagian ini, Anda bisa mengamati lebih mendalam mengenai IPO. Selain itu dilanjutkan dengan dowmload prospectus ataupun additional information dan Anda dapat masuk ke dalam form pemesanan dan dilanjutkan dengan memilih opsi send. Barulah mengisi OTP yang diminta.

Menyediakan Keuangan di Rekening Dana Nasabah (RDN)

Pada tahap ini, akan adanya pemberitahuan yang didapat dari email terkait pesanan yang masuk dari Anda oleh pihak perusahaan IPO terkait pembelian saham IPO secara online. Penjualbelian saham IPO akan disetujui setelah adanya verifikasi yang telah dilakukan dengan selesai. Pada saat bookbuilding, Anda bisa mengamati bagian prospectus dan menyatakan setuju pada prospectus. Namun, sebelum waktu offering, juga Anda perlu dalam menyuplai dana di RDN.

Cara mendapatkan saham IPO

Di Menu history Anda dapat melihat hasil dari penjatahan yang Anda dapatkan sesuai pada saat proses pembelian saham. Anda dapat melihat penjatahan dengan status yang tertera seperti status “Not Alloted” yaitu berarti Anda dinyatakan bahwa tidak adanya atau dapatnya penjatahan. Untuk status dengan “Alloted with Scale Back” yaitu Anda mendapatkan penjatahan. Sementara ketika tertera status “Not Carried Over” yaitu menyatakan bahwa dalam proses penjatahan tidak terprosesnya pesanan.

Setelah mendapatkan langkah-langkah dari pembelian saham IPO tentunya Anda dapat lebih tertarik bukan untuk memulai berinvestasi saham secara online? Langkah ini menjadi kesempatan untuk Anda dalam membuka rekening saham untuk keuangan Anda.

 

Simak informasi lainnya berikut ini: Cara Paling Mudah Untuk Beli Saham Luar Negara