Ingin Mendapatkan Penghasilan Tambahan? Ini Dia Cara Mudah Main Saham

Bingung mengelola pendapatan? Pilih menabung atau Investasi? Bagi kalian para pemula dan ingin menyisihkan dana untuk masa depan, mari pelajari cara mudah main saham berikut ini. Investasi saham kedengarannya cukup bergengsi, sebagian orang masih takut melakukan investasi karena memiliki resiko yang sangat besar daripada deposito, tabungan berjangka dan lainnya.

Investasi paling aman dan menjanjikan biasanya adalah emas dan tanah, hal tersebut menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia, namun investasi saham bisa dilakukan bagi mereka yang mempunyai dana terbatas.

Transaksi investasi saham saat ini semakin mudah, bisa dilakukan secara online dimanapun dan kapanpun dengan menggunakan perangkat digital seperti gadget, komputer bahkan smartphone.

Keuntungan utama yang bisa didapat saat anda berinvestasi saham yaitu keuntungan Capital Gain dan Juga pembagian Dividen. Capital Gain adalah keuntungan yang didapat dari laba saat menjual saham, sedangkan pembagian dividen adalah keuntungan yang didapat dari investasi anda pada sebuah perusahaan.

Saham umumnya bersifat liquid dan transparan, artinya saham bisa dijual secara cepat. Dengan catatan saham tersebut ikut melantai di Bursa Efek Indonesia. Berbeda dengan saham Crowdfunding yang mempunyai pasar sendiri yaitu dua kali dalam setahun. Bagi anda yang hendak belajar investasi, yuk simak cara mudah main saham berikut ini.

cara mudah main saham

Memilih Perusahaan Sekuritas

Sebelum mendaftar investasi, sebaiknya pelajari dulu perusahaannya. Anda bisa mencari melalui website, perusahaan apa saja yang berada di Bursa Efek Indonesia. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih perusahaan sekuritas.

Pertama, fee transaksi. Perusahaan yang menawarkan free transaksi rendah akan semakin bagus. Setiap sekuritas memiliki fee transaksi yang berbeda.

Kedua adalah modal awal, untuk modal bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial anda. setiap perusahaan tentunya memiliki standar modal awal berbeda. ada perusahaan yang mematok modal awal sekitar sepuluh juta, ada pula perusahaan yang mematok harga hanya seratus ribu.

Ketiga, pilihlah perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Indonesia (OJK). Selain diakui oleh pemerintah, setidaknya kekhawatiran sedikit berkurang. Jangan memilih perusahaan yang tidak terdaftar OJK karena bisa berujung penipuan atau uang anda bisa dibawa kabur.

Keempat, cermati setiap kelebihan perusahaan yang ditawarkan. Sebagai contoh adalah fitur dari aplikasi perusahaan sekuritas tersebut. Fitur yang mudah dipahami dan tidak jelimet akan membantu kita dalam hal transaksi jual beli. Mudah diakses dimanapun dan kapanpun, hal ini juga perlu diperhatikan karena jika aplikasi sering eror akan menghambat kita dalam momentum jual beli saham. Biasanya perusahaan sekuritas juga menawarkan pelatihan bagi para pemula yang hendak belajar berinvestasi saham.  Anda bisa menggunakan kesempatan tersebut untuk belajar cara mudah main saham.

Langkah-Langkah Berinvestasi Saham

  • Menyiapkan beberapa dokumen pribadi seperti: KTP, NPWP dan buku tabungan, bagi kalian yang tidak mempunyai NPWP masih bisa mendaftar, sesuai dengan ketentuan perusahaan.
  • Membuka rekening saham di sekuritas perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia.
  • Setelah anda menentukan perusahaan sekuritas, selanjutnya adalah mengisi formulir yang disediakan perusahaan tersebut.
  • Selanjutnya adalah uang modal, anda akan dibuatkan rekening dana investor sesuai dengan bank yang anda gunakan. Dana modal akan masuk ke rekening dana investor (bukan rekening perusahaan sekuritas) yang nantinya digunakan untuk membeli saham. Anda juga bisa Top-Up untuk menambah saldo anda.

Setelah mempunyai akun sekuritas dan rekening dana investor, anda bisa langsung melakukan transaksi jual beli saham. Tetap memantau informasi mengenai pergerakan ekonomi agar bisa memilih saham yang tepat.

 

Simak informasi lainnya berikut ini: Keuntungan Memiliki Saham Luar Negara Patuh Syariah