cara berdagang saham

Cara Berdagang Saham Bagi Pemula dengan Modal Kecil

Bagaimanakah cara berdagang saham bagi pemula dengan modal yang kecil ? Hal ini tentunya sering menjadi sebuah pertanyaan bagi pemula yang ingin memulai berdagang saham. Tentunya bermain saham harus dipikirkan secara matang, karena investasi ini dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang yang dapat menghasilkan keuntungan.

Seorang pedagang saham harus memiliki kesigapan dalam mencari waktu pasar untuk mendapatkan peluang dalam membeli saham dengan harga yang rendah dan mendapatkan harga jual yang tinggi. Hal inilah yang harus diperhatikan oleh para pemula. Apalagi jika Anda hanya memiliki modal yang kecil, memang diperlukan kesabaran maupun kecermatan yang lebih.

Cara Berdagang Saham Bagi Pemula dengan Modal Kecil

Berikut merupakan cara berdagang saham pagi para investor yang baru memulai atau belajar saham, apalagi masih dengan modal yang kecil.

  1. Memahami Cara Investasi Saham dengan Cermat

Sebelum memulai berdagang saham ini, sebaiknya perhatikan cara investasi saham secara benar dan cermat. Hal ini tentunya untuk mencegah adanya resiko yang bisa dirasakan jika mengabaikan dasar-dasar yang digunakan dalam investasi saham.

Selain pengetahuan, bermain saham juga memerlukan strategi maupun kesabaran agar bisa mendapatkan keuntungan, terutama bagi pemula yang masih cukup awam dalam bidang ini.

cara berdagang saham 1

  1. Membeli Saham Saat Harga Rendah

Perlu diketahui, terutama bagi pemula untuk menerapkan konsep “membeli barang saat harga mengalami penurunan”. Namun tetap, dalam membeli suatu saham ini juga harus dipikirkan secara matang. Bisa saja hal ini menunjukkan juga adanya pertanda yang kurang baik.

  1. Memanfaatkan Aplikasi Trading

Melakukan investasi saham di era teknologi ini juga lebih mudah, karena banyak aplikasi trading saham yang dapat diunduh melalui Play Store maupun AppStore pada smartphone Anda. Adanya beberapa aplikasi tersebut merupakan cara berdagang saham dengan yang cocok bagi pemula dengan modal kecil.

Beberapa aplikasi yang ada juga sudah disediakan oleh perusahaan sekuritas yang digunakan untuk membuka rekening efek. Perusahaan sekuritas sendiri ini merupakan sebuah perusahaan yang sudah mendapatkan izin usaha dari OJK. Bahkan Anda bisa memilih perusahaan sekuritas dengan setoran awal berada di bawah Rp 5 juta.

  1. Memilih Perusahaan dengan Keuangan Stabil

Cara berdagang saham online selanjutnya yaitu memilih perusahaan dengan keuangan stabil, sehingga diperlukan riset terlebih dahulu dan mencari informasi yang detail mengenai perusahaan terkait. Pastikan juga keuangan perusahaan tersebut stabil, agar dapat meminimalisir terjadinya kerugian. Sehingga rajinlah untuk meluangkan banyak waktu untuk melakukan seleksi pada berbagai perusahaan.

  1. Memilih Indeks Saham yang Tepat

Dalam melakukan investasi, memilih indeks saham yang tepat ini juga sangat diperlukan, karena sebagai indeks dalam mengukur perubahan harga dari suatu pasar. Hal ini biasanya akan sebanding saat indeks saham mengalami kenaikan, maka harga sebagian saham yang diukur oleh indeks tersebut juga mengalami kenaikan.

  1. Memantau dan Memahami Pergerakan Ekonomi 

Cara berdagang saham yang terakhir bagi pemula yaitu memantau pergerakan ekonomi yang terjadi di dalam maupun luar negeri. Hal ini sangat penting dilakukan untuk dapat mengetahui situasi pasar saham yang dapat memprediksi pergerakan saham yang Anda miliki.

Mengetahui situasi pasar saham ini digunakan saat memulai investasi saham baru, seperti saat kondisi pasar yang memburuk, lebih baik untuk menahan diri membeli saham maupun menjual saham. Selain itu juga memahami sentimen pasar ini juga sangat baik dilakukan yang bisa dijadikan sebagai faktor penentu naik turunnya saham.

 

Simak informasi lainnya berikut ini: Wajib Tahu! Cara Menghitung ARA Saham