panduan membeli saham untuk pemula 1

Mau Mulai Berinvestasi Saham? Berikut Ini Panduan Membeli Saham Untuk Pemula

Ingin mulai bisnis di bidang saham tapi masih bingung? Di era yang serba digital ini, membeli saham menjadi jauh lebih mudah daripada di masa lalu, lengkap dengan panduan membeli saham untuk pemula yang ingin memulai. Saham bahkan bisa dibeli dengan ketukan jari di gadget, yang terhubung dengan internet menggunakan aplikasi dari para broker.

Saham, yang merupakan salah satu instrument dalam dunia investasi, adalah bukti dari kepemilikan dari sebuah perusahaan, dan sebagai bukti dari penyetoran modal. Seorang pemilik saham tentu memiliki hak dalam mendapatkan hasil jika perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan.

Berinvestasi pada saham, bisa dilakukan siapapun selama ia memiliki KTP dan rekening bank. Jadi anda, sebagai investor pemula tidak perlu khawatir, karena tidak harus menyiapkan cv dan segala tetek bengek pendaftaran kerja. Simak ulasan di bawah ini tentang cara membeli saham untuk pemula, dan mulai berbisnis menggunakan saham.

  1. Menentukan Perusahaan Sekuritas

Kenapa harus menentukan perusahaan sekuritas? Karena tanpa mengetahui keamanan perusahaan tempat anda akan mendepositkan uang, bisa jadi anda justru akan jatuh ke dalam investasi bodong yang akan membawa kabur uang anda.

Pilih perusahaan sekuritas dengan cermat, yang terdaftar di bawah OJK atau Otoritas jasa Keuangan. Sehingga uang yang anda depositkan bisa terjamin keamanannya.

panduan membeli saham untuk pemula

  1. Buka Akun RDN 

Panduan membeli saham yang berikutnya, adalah membuka akun RDN atau Rekening Dana Nasabah. Rekening inilah yang nantinya akan menjadi tempat anda bertransaksi baik itu membeli maupun menjual saham yang anda miliki.

Biasanya, persyaratan yang harus dilengkapi dalam membuat akun RDN adalah sebagai berikut :

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  3. Buku Tabungan

Untuk Investor pemula yang belum memiliki NPWP, bisa melampirkan milik orang tua, atau jika seorang ibu rumah tangga, bisa melampirkan NPWP milik suaminya.

Masih dalam panduan membeli saham untuk pemula, dalam membuka akun RDN, isi formulir yang ada dengan data diri lengkap anda sesuai KTP. Rentang waktu paling lama sejak anda mendaftar sampai akun RDN anda terverifikasi rata-rata 3 hari jam kerja, mulai dari hari Senin sampai Jumat.

  1. Setorkan Deposit Awal

Setelah mendapatkan konfirmasi bahwa akun rekening anda sudah diverifikasi, anda bisa mulai mendepositkan uang yang anda miliki, untuk mulai melakukan transaksi saham. Untuk nominal minimal setoran deposit, biasanya beragam, Sebagian besar mematok di angka 100 ribu, tetapi ada juga yang lebih rendah dan lebih tinggi.

  1. Pilih Saham yang Diinginkan

Setelah uang deposit anda masuk ke dalam saldo akun RDN, anda bisa mulai membeli saham yang diinginkan. Tips membeli saham untuk pemula, adalah baca dengan teliti rincian saham yang hendak anda beli, mulai dari laporan keuangan, Riwayat grafik, sampai kinerja perusahaan.

Untuk seorang pemula, disarankan membeli saham blue chip, sebutan untuk saham yang memiliki track record baik, karena cenderung naik setiap tahunnya. Saham seperti ini sangat cocok bagi pemula, terutama untuk investasi jangka panjang.

  1. Pantau Keadaan Pasar

Pasar yang dimaksud di sini adalah pasar bursa, apakah saham yang anda miliki sedang naik atau sedang turun. Termasuk juga bagaimana keadaan saham perusahaan lainnya. Tentu belajar saham buat pemula sangat wajib hukumnya, karena tanpa ilmu yang memadai, memantau keadaan pasar cukup sulit dilakukan.

Itulah ulasan singkat tentang panduan membeli saham untuk pemula. Tidak perlu takut berinvestasi saham, meski tergolong high risk investment atau investasi dengan resiko tinggi, tetapi meski hanya dengan bermain aman, anda bisa mendapatkan profit yang lumayan.

 

Simak informasi lainnya berikut ini: Cara Berdagang Saham Bagi Pemula dengan Modal Kecil